Pages

Subscribe:

Tuesday, January 17, 2012

Membuat Animasi Kartun

DASAR-DASAR ANIMASI KARTUN FLASH
A.  PENGERTIAN ANIMASI
Animasi adalah proses penciptaan objek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Dengan kata lain, Animasi adalah paparan visual yang berbentuk dinamik. Menikmati animasi adalah menikmati gambar bergerak, bercerita dan bersuara. Sebuah animasi juga mampu mengaduk perasaan kita menjadi sedih, menangis, tertawa, gembira bahkan bernafsu dan lain sebagainya
B.  ANIMASI KARTUN FLASH
Flash adalah program animasi interaktif berbasis vector yang sering digu­nakan pada web desain. Sebagai sebuah program animasi, Flash memiliki kelebihan dari program animasi lainnya. Nah, Bagaimana anda tertarik untuk mencoba membuat animasi dengan program flash sendiri?
C.  MEMBUAT IDE CERITA
Untuk membuat sebuah cerita animasi biasanya diawali dengan didapatnya ide atau cerita pendek tentang suatu kejadian. Hal-hal sekecil apapun bisa kita jadikan ide cerita. Bahkan di dalam situasi dan kondisi seperti apapun sebuah ide cerita bisa kita dapatkan. Tergantung bagaimana kita merespon atau tidaknya setiap kejadian tersebut. Namun guna memudahkan kita untuk menemukan satu ide cerita, Ada baiknya kita menyiapkan storyboard terlebih dahulu.
D.  MEMBUAT STORYBOARD
Sebelum membuat animasi pertama-tama anda harus mengenal storyboard. Storyboard adalah sebuah penggambaran jalan cerita sesuai dengan ide cerita berisi tentang pengambilan sudut gambar, pengisian suara, serta efek-efek khusus. Penggambaran jalan cerita berbentuk potongan gambar atau komik yang di sertai penjelasan alur cerita yang di buat dengan kertas dan alat tulis manual.

0 comments:

Post a Comment